728 x 90

Artikel Sumedang

Artikel
Website Kabupaten Sumedang


Ada Danau Tersembunyi di Puncak Gunung, Ayo Jejahi ke Cinanggerang
| 61 views

| | |



Ada danau buatan di puncak gunung dan tersembunyi di Kecamatan Pamulihan.  Cekdam atau anak muda biasa sebut Danau Sunyanyuri yang berarti kesunyian, istilah itu dipakai karena tempat ini benar benar sunyi dan sejuk. 

Pemandangan langsung segar karena disuguhi dengan pohon pohon pinus dan air danau yang berwarna hijau bersih. Danau ini terletak di Desa Cinanggerang, Kecamatan Pamulihan. Lokasinya da di perkebunan Cinanggerang di pegungungan Kareumbi. Untuk mencapainya memerlukan tenaga ekstra karena jalannya penuh tanjakan dan rusak jalannya bahkan harus masuk jalan setapak yang masih tanah.aspal. 

"Cek dam adanya di ketinggian. Perjalanan yang penuh tantangan. Lebih enak pake motor trail," kata  Sri Fuziyanti pengunjung danau Sunyanyuri. 

Jalur untuk sampai ke danau tersebut dapat ditempuh ke daerah Pamulihan jika dari arah Sumedang belok kiri setelah Cadas Pangeran ke Desa Cimarias dan Cinanggerang. Perjalanan memasuki kawasan perkebunan Subur Setiadi serta perkampungan penduduk.

"Awal masuk saja sudah keren pokoknya, intinya sih capai diperjalanan terbayar," katanya.


Hal menariknya lagi daerah itu tidak hanya menyuguhkan danau dan pohon pinus saja, jika mau sedikit mengeluarkan tenaga lebih kita dapat melihat air terjun secara gratis. Jadi untuk pecinta alam yang ingin merasakan ketenangan dan kesejukan bisa langsung datang ke Pamulihan, danau ini tidak dipatok biaya masuk karena tidak ada penunggunya. [rtn]




sumber :