728 x 90

Artikel Sumedang

Artikel
Website Kabupaten Sumedang


Jangan Jadi Generasi Stunting
| 29 views

| | |



Stunting adalah kondisi gizi buruk pada anak dan balita dengan ciri tinggi badan tidak sesuai dengan umur anak. Di Sumedang, kasus stunting terdapat sebanyak 1500 orang yang sebagian besar merupakan keluarga miskin.

Kebutuhan gizi seimbang menjadi hal yang penting untuk membangun generasi Indonesia yang cerdas, tinggi, dan berprestasti. Sayangnya, hal ini masih belum sepenuhnya menjadi perhatian utama. Faktanya, masih banyak balita yang belum terbebas dari masalah gizi kronis. Salah satunya adalah stuntingatau yang biasa disebut juga sebagai balita pendek. Sejauh apa fenomena stuntingyang terjadi di tanah air? Simak dulu beberapa informasinya di sini, yuk!

Stunting menjadi salah satu kondisi kesehatan yang mengkhawatirkan di Indonesia. Meski demikian, upaya pencegahan stunting sebenarnya bisa dilakukan sejak bayi dalam kandungan. Dalam jurnal yang sama, Kementerian Kesehatan menyarankan agar ibu hamil melakukan perbaikan gizi untuk mencegah janinnya mengalami stunting.
Jika ibu hamil mengalami kondisi tubuh yang sangat kurus, disarankan untuk memberikan makanan tambahan kepada mereka. Ibu hamil juga perlu mengonsumsi tablet penambah darah, minimal 90 tablet selama kehamilan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.
Sementara itu, mencegah stunting pada bayi baru lahir bisa dilakukan dengan asupan asi eksklusif hingga usianya mencapai 6 bulan. Jika bayi sudah berusia 6 bulan, pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) juga disarankan yang memiliki kandungan gizi seimbang. Pemberian ASI juga harus tetap dilakukan hingga anak berusia 2 tahun. Jangan lupa agar bayi dan anak mendapatkan asupan kapsul vitamin A dan imunisasi dasar lengkap.
Ibu juga perlu memantau perkembangan bayi secara teratur. Membawa bayi ke posyandu adalah langkah yang tepat untuk mendeteksi jika ada gangguan pertumbuhan. Jadi, orang tua bisa segera menemukan upaya penanganan untuk mengatasi masalah tersebut.
Menerapkan gaya hidup dengan gizi seimbang adalah hal yang penting untuk mencegah generasi stunting di Indonesia. Makanan bergizi seimbang adalah yang memenuhi komposisi pas untuk kebutuhan nutrisi sehari-hari, yaitu terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.
Selain memperhatikan komposisi makanan, kamu juga perlu menerapkan gaya hidup pendukung lainnya agar tetap sehat dan mencegah stunting. Misalnya saja dengan menerapkan perilaku hidup bersih lewat menjaga kebersihan diri dan lingkungan.Dari data di Dinas Kesehatan Sumedang, kasus stunting tidak terkonsentrasi di suatu wilayah tertentu. Namun, meski sebagian besar merupakan keluarga miskin,  namun stunting bisa dicegah dan disembuhkan tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.***(mth) 

 




sumber :