728 x 90

Artikel Sumedang

Artikel
Website Kabupaten Sumedang


Opak Aneka Rasa
| 67 views

| | |



Jika ingin cemilan terbuat dari beras ketan kini tinggal datang saja ke toko-toko makanan pasti sudah tersedia.  Rasa opak itu kini ada rasa ikan, terasi udang, bawang, manis sampai rasa strawberi. Opak aneka rasa ini diproduksi di Kecamatan Conggeang ini.    

Ingin rasa opak yang orisinil? Anda bisa menikmati opak Cimanggung. Keunggulan opak Cimanggung adalah bentuknya yang mengembang dan mengembung alias tidak pipih rata. Rahasianya, adonan yang berbeda dari opal-opak lainnya. Adonan opaknya menggunakan satu kelapa utuh untuk setiap satu liter beras ketan.  Santan dimasukkan dalam beras ketan ketika proses menanak beras ketan. Bumbu lainnya hanya menggunakan garam saja. Karena penggunaan santan yang banyak maka opak jadi mengembung.

 Opak dari Kecamatan Buahdua ini memiliki ukuran yang agak besar, tebal dan sedikit kembung dengan warna lebih kuning kecoklatan. Rasa opak Buahdua ini jika dimakan akan terasa lebih renyah dibanding dengan opak-opak lain.

Salah satu yang membedakan dengan opak lain, yakni dalam cara pengolahan dan resepnya. Beras ketan untuk Opak Buahdua sebelum dikukus hingga matang biasanya akan diaron atau digigih dulu dengan menggunakan air kelapa muda.

Opak juga bisa dinikmati di Kampung Bakom, Kecamatan Linggajaya, Kecamatan Cisitu. Disini ada kampung opak dan membuat opak sudah turun temurun. [mth/*]




sumber :