728 x 90

Berita Sumedang

Berita
Website Kabupaten Sumedang


WISATA PANGCALIKAN
03 Mar 2019 | 57 views

| | |



Sumedang memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, khususnya wisata alam dan sejarah. Namun, sayangnya, masih banyak tempat-tempat menarik yang belum banyak terekspose dan  diketahui orang. Salah satunya adalah daerah aliran Sungai Cipeles yang terletak di Desa Citepok, Kecamatan Paseh, Kabupaten Sumedang. Padahal, ‘surga’ tersembunyi bagi para penggemar petualangan air dan pecinta alam ini sangat indah dan mirip Green Canyon Cukang Taneuh, Kabupaten Ciamis .

Surga tersembunyi tampaknya tepat disematkan pada daerah Citepok. Dianugerahi tanah yang subur, daerah tersebut menjadi salah satu daerah pertanian yang menjanjikan di wilayah Sumedang. Pemandangannya pun tak kalah hebat. Pemandangan khas pedesaan dengan sawah hijau berundak-undak, akan menyambut siapapun yang datang. Dan yang paling menarik adalah daerah aliran Sungai Cipeles yang menjadi batas desa antara Citepok dan Sukatali, Kecamatan Situraja.

Kawasan aliran sungai Cipeles tersebut disebut warga sebagai kawasan Pangcalikan. Menurut kepala desa Citepok, Abdul Majid. Dahulu kawasan tersebut merupakan tempat salah satu raja Sumedang, Pangeran Aria Kusumadinata duduk dan memancing berjam-jam. Warga sekitar percaya tempat tersebut menjadi salah satu tempat kesukaan raja-raja Sumedang untuk merenung.

Daerah aliran Sungai Cipeles yang melewati  Desa Citepok memiliki kontur yang menarik. Di beberapa kawasan Pangcalikan, sungai tersebut diapit oleh dua tebing batu. Di atas tebing batu, terdapat pepohonan rimbun yang batangannya menutupi tebing dan permukaan sungai.

Ketika musim kemarau, air sungai menjadi jernih sehingga menambah keindahan kawasan sungai tersebut. Banyak warga Sumedang bahkan menyamakannya dengan Green Canyon.

“Mungkin memang belum se-wah Green Canyon, ya. Tapi, kalau kita tata sedikit saja, dibersihkan juga, saya yakin akan sama indahnya itu,” ujar Abdul Majid, Kepala Desa Citepok saat ditemui , baru-baru ini.

Keindahan inilah yang dinilai Abdul Majid memiliki potensi untuk menjadi salah satu alternatif kawasan wisata baru. Menggandeng organisasi Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Sumedang, dia mulai berusaha untuk mengembangkan kawasan Sungai Cipeles. Rencananya, kawasan tersebut akan menjadi pusat rekreasi air yang memacu adrenalin, seperti arung jeram dan body rafting.




sumber :