728 x 90

Berita Sumedang

Berita
Website Kabupaten Sumedang


DPMD Selesaikan Batas Desa Tarikolot dan Ganjarresik
13 Mar 2019 | 74 views

| | |



SUMEDANGKAB.GO.ID, WADO - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumedang berhasil menyelesaikan aduan masyarakat terkait klarifikasi batas antar dua desa di dua kecamatan berbeda. Sebelumnya Pemerintah Desa Tarikolot, Kecamatan Jatinunggal dan Pemerintah Desa Ganjarresik mempersoalkan batas desa yang tak sesuai atau berbeda dengan di peta dasar. Padahal batas desa harus jelas karena sebagai dasar acuan administrasi kewilayahan.

Adanya perbedaan pandangan tetkait batas wilayah dari kedua pemerintah desa tersebut, DPMD melakukan klarifikasi langsung ke lapangan. "Batas wilayah dua desa itu menurut pengakuan masyarakat tak sesuai peta dasar. Batas itu tak hanya sebagai batas wioayah desa melainkan juga batas antar kecamatan yaitu Kecamatan Jatinunggal dan Wado. Untuk mengantisipasi saling klaim makanya kita tinjau dan langsung menyelesaikannya," ujar Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada DPMD Kabupaten Sumedang Drs H. Nuryadin, M.Si melalaui Kasie Bina Adminidtrasi Penataan Desa Harun Mulyan TW, S.Sos, Rabu (13/3/2019).

Menurutnya batas wilayah desa memang harus diperjelas. Hal itu agar pemerintah desa memiliki kepastian wilayah. Dicontohkan, ketika pihak salah satu pemerintah desa akan membangun akses jalan di perbatasan. Ini memerlukan kebijakan diantara kedua desa. "Nah jalan desa yang akan di bangun supaya jelas berada di wilayah desa mana. Jadi nantinya pihak desa mana yang berhak membangun atau menganggarkan biayanya," katanya.

Disebutkan persoalan batas wilayah antara Desa Tarikolot Kecamatan Jatinunggal dan Desa Ganjarresik Kecamatan Wado yang dipersoalkan warga kini sudah jelas. "Batasnya juga tanah negara jadi kesepakatan untuk tanggung jawab pembangunan jalan di desanya masing masing sudah diberi tanda. Tadinya masyarakat kedua desa saling klaim. Tetapi di lapangan sepakat mengambil kebijaksanaan dan keadilan disaksikan semua pemerintahan Kecamatan Jatinunggal dan Wado," katanya.

Penyelesaian batas kedua desa  itu disepakati melalui peta kerja yang sudah di terbitkan oleh Badan Informasi Geospasial (BIG). "Kedua desa bersebelahan juga sudah sepakat menanda tangani BA (berita acara) Musyawarah dan di peta," ucapnya. (nsa)




sumber :