728 x 90

Berita Sumedang

Berita
Website Kabupaten Sumedang


Sumedang Surplus 125 Megawatt
15 Mar 2019 | 46 views

| | |



SUMEDANG.GO.ID, GEDUNG NEGARA-Kapasitas pembangkit listrik di Sumedang sebanyak 276 megawatt. Namun baru terpakai 151 mw saja, sehingga masih ada surplus daya listrik sebanyak 125 megawatt yang belum terpakai.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir berencana akan menggunakan surplus kapasitas tersebut untuk beberapa kepentingan pengembangan daerah pariwisata Jatigede, kawasan industri Ujung Jaya dan Tomo juga untuk pengembangan peternakan. 
Pengembangan daerah pariwisata yang di maksud meliputi destinasi wisata seperti kampung Buricak Burinong, Puncak Damar, Panenjoan, dan Tanjung Duriat. Untuk sektor industri, PT. Kahatex yang nantinya akan berlokasi di kawasan industri Ujung Jaya dan Tomo sudah akan membutuhkan daya sebesar 20 megawatt yang mulai direalisasikan di Bulan Juni. Selain itu PT. Coca-Cola pun berencana mendirikan pabrik di kawasan tersebut. 

Namun untuk mempergunakan kapasitas listrik tersebut, Wahyu, Manager PLN Area Sumedang mengatakan masih mempunyai kendala berupa perizinan penggalian kabel. 

“Kami terkendala dengan izin penggalian kabel untuk pengembangan penggunakan kapasitas listrik, itulah sebabnya kami melakukan audensi untuk memudahkan proses tersebut yang nantinya juga kapasitras ini akan termanfaatkan serta Sumedang juga mendapatkan manfaat langsungnya,” kata Wahyu kepada bupati di Ruang Tengah Gedung Negara Sumedang, Jumat (15/3/2019).

Dalam audensi ini, bupati berpesan agar kerja sama antara PLN dan pemerintah daerah semakin erat dengan tujuan membangun Sumedang agar lebih baik.***MTS




sumber :