728 x 90

Berita Sumedang

Berita
Website Kabupaten Sumedang


BPD Kuasai Data, Bisa Ukur Keberhasilan Desa
11 Apr 2019 | 41 views

| | |



SUMEDANGKAB.GO.ID, PASEH – Badan Perwakilan Desa (BPD) harus menguasai data demografi, profil desa dan sejumlah data lainnya. Tujuannya agar bisa mengukur keberhasilan desa mulai dari kepemimpinannya sampai dengan para aparaturnya. Untuk itu, perlu adanya peningkatan kinerja BPD di masing-masing desa.

“BPD yang merupakan representasi aspirasi masyarakat sudah selayaknya memiliki informasi data awal tentang kebutuhan dan keinginan masyarakat. Selain itu, BPD juga seharusnya punya data yang jelas dan akurat  untuk mengukur tingkat keberhasilan seorang Kepala Desa dalam mengelola desanya, misalnya, bisa diawali dengan mengetahui indikator data keluarga miskin, data gizi buruk dan data lainnya,” kata Camat Paseh Nandang Suparman, Kamis (11/4/2019).

Nandang menambahkan, peran BPD di sejumlah desa di Paseh harus dioptimalkan dalam melaksanakan tugasnya. Terutama dalam memberikan kontribusi pemikiran terhadap ketentuan dan kebijakan yang dituangkan dalam Peraturan Desanya di masing-masing desa.

Nandang berharap, dengan terbitnya Permendagri nomor 20 Tahun 2018 yang mengatur tentang Pengelolaan Keuangan Desa hendaknya dijadikan reperensi dalam pengelolaan keuangan Desa.  

BPD juga harus dapat menginventarisir persoalan persoalan yang dominan di wilayah masing-masing. Kemudian persoalan tersebut harus dituntaskan melalui kebijakan pemerintah desa. Sehingga setiap tahun persoalan demi persoalan dapat terkurangi.***(nsa)




sumber :