728 x 90

Berita Sumedang

Berita
Website Kabupaten Sumedang


Soal Olimpiade di Phuket Jarang Ada Dalam Kurikulum Sekolah
15 Apr 2019 | 19 views

| | |



SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA – Revaldi Kurnia dan Dadang Hiwari, dua siswa Sumedang yang sudah menang dalam Olimpiade Matematika di Thailand masih harus menenangkan pikirannya. Pertama, karena hingga kini mereka masih tak menyangka bisa lolos dalam lomba matematika bergengsi taraf internasional. Kedua, mereka juga masih terbayang ketika mengerjakan soal di Phuket, Thailand.

“Jadi kami harus mengerjakan soal sebanyak 30 buah selama 120 menit, soalnya antara gampang dan susah semua karena memang jarang ada dalam kurikulum sekolah atau pelajaran,” kata Revaldi, Senin (15/4/2019).

Sementara Dadang mengatakan kalau selama mengerjakan soal, banyak ditemui istilah asing. Waktunya juga terlalu pendek untuk soal seperti itu.

“Soal-soalnya lumayan (gampang), beda sama olimpiade lain yang biasanya soalnya susah waktunya agak lama, kalau ini dibilang susah ngak dibilang ngak juga ya susah karena banyak istilah asing terus waktunya cuma dua jam, harus teliti," kata Dadang.

Revaldi Kurnia dan Dadang Hawari Subhan mendapatkan emas dan perak di ajang internasional tersebut. Olimpiade ini melalui beberapa tahapan sulit tentunya, salah satunya tahap penyisihan yang dilaksanakan di region Bandung, tempatnya di SMP IT Al-Irsyad.

Pada tahap penyisihan tersebut Revaldi mendapatkan Silver dan Dadang mendapatkan Bronze.  "Nah ada pengumuman aku sama Revaldi itu lolos, aku dapat bronze, Reval dapat silver waktu penyisihannya, jadi kalau sekarang ditanya gimana rasanya kita sih jawabnya ya bersyukur aja soalnya nggak menyangka," katanya.

Olimpiade Matematika TIMO dilaksanakan di Phuket Thailand, mereka harus mengerjakan 30 soal dari 5 materi yang jarang ada di kurikulum sekolah.  Materi yang di olimpiadekan di antaranya logical thinking, kombinatorik, geometri, number theory, dan algebra.

Olimpiade yang diikuti oleh 21 negara, yang diantaranya Malaysia, Singapura, Thailand, Hong Kong, Tiongkok, Vietnam, Ukrania, Sri Lanka, Kirgizstan. Revaldi dan Dadang kini tengah menikmati hasil dair belajar kerasnya selama ini. (rtn)




sumber :