728 x 90

Berita Sumedang

Berita
Website Kabupaten Sumedang


Camat Cimalaka Ajak Orang Tua Ikut Magrib Mengaji
15 Apr 2019 | 15 views

| | |



SUMEDANGKAB.GO.ID, CIMALAKA - Pemerintah Kecamatan Cimalaka menghimbau para kepala desa,  guru ngaji dan unsur pendidik harus jadi yang terdepan dalam melaksanakan program magrib mengaji.  Program magrib mengaji jangan hanya dilaksanakan oleh kalangan anak-anak. Melainkan juga oleh para orangtua.

Untuk implementasi magrib mengaji, pemerintah desa, guru ngaji dan pihak sekolah di desanya masing-masing harus saling berkoordinasi.  "Kami rutin mengumpulkan semua pihak, dari pemerintah desa, unsur sekolah bahkan KUA untuk melaksanakan magrib mengaji," ujar Camat Cimalaka, H. Asep Aan,  Senin (15/4/2019).

Ia mengatakan, sebaiknya magrib mengaji dilaksanakan di setiap mesjid yang ada di kampung-kampung. Dilaksanakan setelah salat magrib berjamaah hingga waktu isya.  "Tapi kalau memang ada yang berhalangan ke mesjid, bisa juga di rumah, ataupun di tempat lainnya. Intinya saat sehabis salat magrib masyarakat ya ngaji Alquran," katanya.

Ia menyebutkan, pihaknya juga membuat konsep agar anak-anak bisa berjamaah mengaji bersama di mesjid pada waktu lepas magrib. Caranya ia menyarankan agar pihak sekolah membuat catatan bukti lembaran kehadiran bahwa anak atau siswa melaksanakan mengaji di mesjid.  "Nanti ada semacam buku bukti bahwa siswa tersebut melaksanakan mengaji . Bukti tersebut nantinya akan ditandatangani oleh guru ngaji yang mengajar," katanya.

Camat juga mengintruksikan, agar para kepala desa bisa rutin berkeliling dari satu mesjid ke mesjid lainnya untuk memantau sekaligus melaksanakan program magrib mengaji.  "Insya Allah dari pihak kecamatan juga akan rutin monitoring ke tiap desa," ucapnya.

Dalam pandangannya, magrib mengaji atau melaksanakan membaca Al-quran selepas waktu maghrib akan membentuk masyarakat yang taqwa dan penuh kebersamaan serta membuat lingkungan kondusif.  Sebelumnya Pemerintah Kecamatan Cimalaka juga  sudah melaksanakan deklarasi kepada siswa SMA, SMK, MAN serta Ssiwa SMP dan SD se Cimalaka untuk melaksanakan magrib mengaji. (nsa)




sumber :