728 x 90

Berita Sumedang

Berita
Website Kabupaten Sumedang


Remaja di Darmaraja Antusias Ikut Pesantren Kilat
09 Mei 2019 | 63 views

| | |



SUMEDANGKAB.GO.ID, DARMARAJA - Para remaja di Darmaraja antusias mengikuti pesantren kilat dalam mengisi aktivitas ramadan. Aktivitas pesantren kilat dilaksanakan di sejumlah mesjid.

Camat Darmaraja, Agus Khori Hidayat meminta agenda pesantren kilat harus menjadi wadah pembentukan moral dan karakter postif para remaja. Untuk itu, seharusnya pesantren kilat diwajibkan bagi para siswa dari sekolah tingkat SD sampai SMA.  "Idealnya memang tiap sekolah mewajibkan anak didiknya ikut pesantren kilat (Peski). Peski kan biasanya ada di bulan puasa. Jadi menurut saya efektif untuk para siswa dalam mengisi kegiatan keagamaan dibulan suci ini," ujar Agus, Kamis (9/5/2019).

Menurutnya, selain menambah kegiatan yang bersifat religi, agenda peski juga sangat mendukung untuk pengayaan wawasan agama bagi para remaja. Didalamnya bisa dipelajari berbagai macam kelimuan. Tentunya ilmu agama sebagai pondasi dasar ketaqwaan seseorang.  "Makanya begitu banyak tempat di berbagai desa yang menggelar peski kami sangat mendukung sekali. Bahkan kami ingin ke depan peski juga diselenggarakan disetiap desa," katanya lagi.

Agus menambahkan, pendidikan keagamaan, saat ini memang harus menjadi prioritas utama. Diakuinya, kemajuan jaman ditambah kemajuan teknologi jika tidak diimbangi ilmu agama akan berdampak buruk bagi moral remaja dan anak-anak. Ia mengatakan, perlu wadah-wadah yang menyampaikan ilmu keagamaan baik yang formal maupun non formal.

Adanya pesantren kilat, bisa diberdayakan untuk membendung kegiatan-kegiatan negatif yang biasanya dilakukan remaja diluar aktivitas sekolah. (nsa)




sumber :