728 x 90

Berita Sumedang

Berita
Website Kabupaten Sumedang


Beribu Manfaat Bendung Rengrang
10 Mei 2019 | 54 views

| | |



SUMEDANGKAB.GO.ID, SITURAJA – Bendung rengrang yang dibangun sebagai kompensasi atas pembangunan Bendungan Jatigede mulai menuai manfaat bagi warga. Tak heran bila warga begitu menantikan bendung ini karena kini beribu manfaat sudah murai terasa.

Menurut Camat Situraha, Sutisna, Bendung Rengrang ini memang belum beroperasi. Tapi warga Desa Malaka, Kecamatan Situraja sudah bisa merasakan manfaatnya.

Ia menggambarkan, sebelum ada Bendung Rengrang, tidak ada pasokan listrik di daerah tersebut, namun kini listrik sudah masuk, dan masyarakat sekitar bisa menikmati listrik.  "Pengrajin batu-bata dulu kalau malam ke sini pakai patromak, sekarang tidak lagi karena sudah ada listrik,” kata Sutisna. (10/5/2019).

Pemerintah Kecamatan Situraja akan memanfaatkan keberadaan Bendung Rengrang untuk membangun ekonomi masyarakat, melalui bidang wisata. "Untuk mempromosikan kawasan Bendung Rengrang kita akan konsep berbagai ide agar bisa menjadi peluang usaha warga," kata camat.

Meski fungsi utamanya untuk penyedian perairan di daerah lain,  tapi bisa untuk dikelola di bidang wisatanya, seperti wisata mancing dan olahraga air. "Agar pengelolaannya benar maka masyarakatnya harus cerdas dulu, perlu dibangun SDMnya, baru difasilitasi," tuturnya.***(nsa)




sumber :