728 x 90

Berita Sumedang

Berita
Website Kabupaten Sumedang


Lihat Yang Dilakukan Warga Cipasang di Pekarangan Rumahnya
16 Mei 2019 | 18 views

| | |



SUMEDANGKAB.GO.ID, CIBUGEL – Sudah pernah ke Cibugel? Terutama ke Desa Cipasang. Lihatlah rumahnya, hampir semua keluarga bertani dan berkebun di pekarangan rumahnya. Hasilnya cukup memuaskan.

Tujuan berkebun di rumahnya adalah memanfaatkan pekarangan atau halaman. Daripada dibiarkan kosong, lebih baik ditanami sesuatu agar tanah bisa bermanfaat dan terkelola dengan baik. Tanah pun bisa hidup baik karena ditanami. Bonusnya, kita bisa mendapatkan hasil bertani dan berkebun dari rumah sendiri. Tak banyak memang, namun ada kepuasan tersendiri jika memakan hasil kebun sendiri.

Kegiatan ini sudah banyak dilakukan warga Desa Cipasang, Kecamatan Cibugel. Di desa ini, hampir semua pekarangan rumah bisa jadi kebun. Alasannya, sayang kalau tanahnya nganggur, apalagi tanah di desa ini terrkenal subur dan berkualitas.

“Sayang saja kalau ada tanah yang gak ditanami, saya memang punyakebun jagung di ladang, tapi untuk tanah pekaranganpun begitu subur, tak susah tinggal nanem saja, terus perkembanganya setiap hari bisa dilihat,” kata Teti Suhaeti (50) warga Desa Cipasang, Kamis (16/5/2019).

Tanaman yang ditanam adalah jagung, singkong, kacang gondolo dan petai.

Budaya bertani tertanam sejak kecil di Cipasang, sehingga semua anggota keluarga dia pun semua bertani.***(nsa)




sumber :