berita

CIMANGGUNG – Limbah pabrik berupa kapuk yang belokasi di lingkungan Pabrik PT Sandang Makmur, baru saja terbakar. Kejadian tersebut terjadi pada Rabu (9/8) sekitar pukul 15.46 di Dusun Warung Cina Desa Sukadana Kecamatan Cimanggung, tepatnya di kilometer 7 Jalan Raya Bandung-Garut.
Untuk mengantisipasi meluasnya kebakaran, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Unit Pelaksana Teknis Pemadam Kebakaran Wilayah Tanjungsari menurunkan satu unit mobil pemadam kebakaran (damkar) ke lokasi kejadian. Menurut Komandan Regu 1 Damkar Tanjungsari Daniel Akti Irianto mengatakan, petugas damkar yang datang kelokasi ada enam orang. Pihaknya langsung turun ke lokasi setelah mendapat informasi melalui telepon.
“Begitu mendapat informasi ada kejadian kebaran, kami bersama enam anggota langsung meluncur ke lokasi kejadian,” katanya, kemarin. Daniel menjelaskan, api dapat dipadamkan sekitar pukul 17.24 . Beruntung, si jago merah tidak sampai menjalar kemana-mana dan bisa diatasi saat itu juga.
“Meskipun angin cukup kencang saat terjadinya kebakaran, tetapi semua itu bisa diatasi oleh tim kami sehingga api bisa dipadamkan dan tidak merembet kemana-mana,” ujarnya. Dilain sisi, pihaknya mengingatkan kepada perusahaan agar tetap waspada jangan sampai membakar sampah di sekitar bekas kebakaran. Dikarenakan bekas kebakaran tersebut berupa kapas yang mudah terbakar.
“Sebaiknya tidak membakar sampah di sekitar itu karena limbah kapas itu sangat mudah terbakar,” tuturnya.
Sementara itu, Daniel menyebutkan tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian tersebut. Dan jumlah kerugian material pun tidak bisa ditaksir, karena kapas yang terbakar merupakan bekas terbakar juga. (kos)

sumber : https://www.sumedangekspres.com/