berita

Dalam rangka Gerakan Sadar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2018 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumedang menggelar kegiatan Gerak jalan Sehat yang diselenggarakan di Alun-alun Sumedang, Minggu (29/10).

Kegiatan tersebut dilepas secara langsung oleh Bupati Sumedang H.Eka Setiawan didampingi Ketua KPU Hersa Santosa beserta jajaran, unsur Forkopimda, para pimpinan Partai Politik, tokoh masyarakat, tokoh agama, organisasi masyarakat (LSM),  serta masyarakat Sumedang.

Rute gerak jalan mengambil start di Alun-alun, mengitari jalur Sumedang Kota dan kembali menuju garis Finish ke Alun-alun Sumedang.

Dikatakan Hersa Santosa selaku Ketua KPU Kabupaten Sumedang mengatakan, pemilihan serentak 2018 merupakan pemilihan serentak gelombang ke 3 setelah di mulainya pemilihan serentak pada tahun 2015. Terdapat 171 Daerah yang akan mengikuti pemilihan serentak tahun 2018, terdiri dari 17 Provinsi, 39 Kota, dan 115 Kabupaten, karena penyelenggaraan pemilihan serentak 2018 beririsan dengan pemilu serentak 2019.

“Maka tak dapat dipungkiri suhu politik akan lebih hangat dibanding pemilu serentak tahun 2015 dan 2017, diharapkan penyelenggaraan pemilu di semua tingkatan harus mengelola setiap tahapan secara profesional dan berintegritas serta memberikan pelayanan yang adil dan setara kepada semua peserta pemilih,”ungkap Hersa.

Masih menurut Hersa, gerak jalan sadar pemilihan serentak 2018 yang digelar hari ini merupakan pijakan awal untuk membangun gerakan sadar pemilihan (GSP).

“Secara berkelanjutan kita menginginkan semua elemen bangsa bersinergi, berkolaborasi dan bergerak bersama dalam menyadarkan publik bahwa pemilu/pemilihan sebagai sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat karena pilihan mereka dibilik suara yang hanya 5 menit mempengaruhi kebijakan politik di Daerah untuk lima tahun kedepan,”ujarnya.

Sementara itu, Bupati Eka menyampaikan apresiasinya terhadap KPU atas penyelenggaraan Gerak Jalan Sehat yang merupakan tahapan awal pemilihan serentak 2018 dalam rangka sosialisasi kepada masyarakat agar dapat melaksanakan hak konstitusioanalnya secara rasional, cerdas, mandiri dan penuh tanggung jawab.

“Diharapkan untuk pilkada 2018 Sumedang tetap kondusif, pilihlah pemimpin baik yang mempunyai program dan cita-cita bagus serta bisa terus membangun Sumedang kearah yang lebih maju ,”pungkas Eka.

Setelah menyampaikan sambutannya Bupati Eka didampingi ketua KPU dan wakapolres Sumedang melepas para peserta gerak jalan sehat dengan ditandai pengibasan bendera start.

 

sumber : setda.sumedangkab.go.id