berita

Diskipas, Bappppeda dan SMANSA Sumedang dibarengi expert Teknologi Informasi diaspora sumedang, belajar Smart City di Lab Smart City Centre Telkom jakarta, pada hari selasa (9/10).

Banyak hal yg bisa diterapkan di sumedang dalam konteks Sumedang Menuju Smart City. Demikian disampaikan oleh pimpinan Smart City Nusantara yang asli orang Sumedang, Yudi.

Ada beberapa hal yang perlu disiapkan oleh Sumedang menuju Sumedang Smart City (SSC), yaitu pertama, desain smart city sumedang. Desain ini perlu disusun bersama oleh bappppeda, diskipas dan sopd lain yg akan menjadi sumber data. Kedua, perlu dibentuk Dewan Smart City Sumedang yang lansung diketuai Bupati atau paling rendah diketuai Sekda. Dalam Dewan Smart City Sumedang perlu penglibatan semua unsur pemerintah dan non pemerintah yang concern terhadap pengembangan Teknologi Informasi di Sumedang. Ketiga, perlu disusun Quick Round, target tahunan sebagai breakdown dari desain Smart City Sumedang.

Dalam kesempatan ini, Yudi yang asli orang Baginda Sumedang bersyukur atas kunjungan tim dari Sumedang ke Lab  Smart City Centre Telkomsel, apalagi dalam kunjungan kali ini diikuti Bappppeda dan Diskipas Sumedang. Sementara di lain pihak  ada komitment yang kuat dari pimpinan daerah Sumedang untuk menuju Sumedang Smart City.

Kemal Idris