Penulis : Agun Gunawan | Editor : Deddi Rustandi

BPBD - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang menyalurkan bantuan air bersih bagi warga  Desa Margamukti, Kecamatan Sumedang Utara, Jumat (6/9/2024). Kasi Darlog BPDB Sumedang, R. Kosdiani Wulandari menuturkan, distribusi air bersih disalurkan di tiga titik yakni Dusun Pamoyan, Dusun Petir, dan Dusun Cihantap. "Sebelumnya kami mendapat dari pemerintah Desa Margamukti bahwa adanya masyarakat yang kekeringan air bersih," kata Kosdiani.

Adapun air bersih yang disalurkan sebanyak 5.000 liter, menggunakan mobil tangki BPBD Sumedang. Dini menyampaikan bahwa di musim kemarau tahun ini pihaknya baru kali ini menerima permintaan bantuan air bersih. "Kami mengerahkan mobil tangki. Kami mendapat laporan yang terdampak kekeringan sebanyak 255 KK dan 767 jiwa," ujarnya.

Edah (56) warga Dusun Pamoyan mengatakan, sudah tiga bulan ini warga di kesulitan air bersih. Selain karena kemarau, krisis air bersih juga disebabkan mesin pompa air Pamsimas di sana rusak. "Dulu kan ada dari Pamsimas, sekarang rusak mesinnya, udah ada tiga bulan di sini susah air. Dengan adanya bantuan ini ya sangat terbantu, mudah-mudahan ada lagi setidaknya seminggu sekali," katanya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)