Penulis: Endan Dodi Kusnaedi| Editor: Vera Suciati 

BPBD - BPBD Sumedang menginformasikan bahwa musim hujan terjadi awal September ini, berdasarkan prakiraan yang dirilis BMKG. Hal ini menjadi kabar baik bagi BPBD Sumedang mrnyusul memang belum diterimanya laporan terkait kekurangan air bersih dari beberapa desa.

 

"Sejauh ini belum ada Kecamatan ataupun pihak Desa yang mengajukan permohonan bantuan air bersih, berarti kebutuhan air masih bisa terpenuhi sendiri," jelas Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Sumedang Adang, Kamis, 22 Agustus 2024.

Menurut Adang, bila melihat cuaca, saat awal Agustus lalu memang masih terjadi hujan sehingga mungkin ini yang menyebabkan ketersedian air masih ada.

Namun demikian, lanjut Adang, pihak BPBD Sumedang juga sudah antisipasi bila kemungkinan adanya permohonan bantuan air bersih dari masyarakat.

"Kami sendiri telah mempersiapkan diri seandainya ada permohonan air bersih salah satunya dengan menyiapkan satu unit mobil tangki yang selalu stand by," jelas Adang.

Sementara itu jelas Adang berdasarkan informasi dan BMKG bahwa musim hujan akan mulai terjadi pada awal September ini dengan demikian kebutuhan air masyarakat akan kembali terpenuhi secara normal.

"Hal ini berbeda dengan kemarau tahun lalu yang agak panjang sehingga beberapa daerah di Sumedang juga harus dipasok air bersih," jelasnya. (*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)