Penulis : Agun Gunawan | Editor: Vera Suciati 

BPBD - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang menyalurkan bantuan untuk Kabupaten Bandung yang diguncang gempa berkekuatan magnitudo 4.9, pada Rabu 18 September kemarin. Bantuan berupa logistik serta tenda, dikirim menggunakan 3 mobil, Kamis (19/9/2024).

"Kami mengirimkan bantuan berupa logistik, 1 buah benda pengungsi, dan 5 buah tenda untuk keluarga. Ini kami kirim dengan maksud untuk membantu yang tidak terakomodir," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sumedang, Atang Sutarno.

Selain makanan dan tenda, BPBD Sumedang juga mengerahkan satu tim yang terdiri dari sepuluh orang untuk disiagakan di wilayah terdampak gempa Kabupaten Bandung.

"Kami mengirimkan logistik untuk membantu masyarakat yang kemungkinan yang kekurangan makanan," ujarnya.

Bantuan ini, sambung Atang, dikirimkan atas inisiatif Pemda Sumedang melalui BPBD Sumedang. Atang juga menyampaikan bahwa terkait kiriman bantuan ini dirinya sudah melapor ke pj bupati dan Sekda.

"Ini inisiatif kami, karena Sumedang juga pernah dilanda gempa, maka kenapa tidak kami memberikan bantuan kepada mereka yang kemarin kena gempa," imbuhnya.

Selain itu, BPBD Sumedang juga sudah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Bandung dan BPBD Provinsi Jawa Barat terkait penugasan personil BPBD Sumedang yang bersiaga selama satu minggu di Kabupaten Bandung.

"Intinya kami Pemda Sumedang melalui BPBD siap membantu saudara-saudara kami yang tertimpa musibah," imbuhnya.(*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)