Penulis : Agun Gunawan | Editor: Vera Suciati 

MARGALAKSANA - Bumdes Waluya Laksana di Desa Margalaksana, Kecamatan Sumedang Selatan menyediakan gerobak dagangan bagi para pelaku UMKM di desa tersebut. Gerobak disediakan di Sentra Kuliner Margalaksana, yang lokasinya bersebelahan dengan kantor desa.

"Inisiatifnya Bumdes Waluya Laksana, menyediakan gerobak untuk warga setempat berjualan," kata Direktur Bumdes Waluya Laksana, Diwan Furoq Arafah Muntaha, disela acara Milangkala ke-16 Desa Margalaksana, Kamis, 29 Agustus 2024.

Dikatakan, para pedagang tersebut kebanyak menjual hasil bumi dari Desa Margalaksana, seperti aneka sayuran, buah-buahan, serta berbagai makanan olahan. Dikatakan, tiap RW ada warganya yang berjualan di Sentra Kuliner Margalaksana. 

"Warga berjualan hasil pertanian. Di sini semuanya enam RW, masing-masing RW ada dua yang berjualan, jadi semuanya ada 12. Bagi RW yang menampilkan produk paling unik gerobaknya akan ditambah 1, itu bergilir setiap tahun," ujarnya.

Menurut Kepala Desa Margalaksana, Euis Mulyati, disediakannya gerobak dagangan adalah terobosan yang luar biasa dari Bumdes Waluya Laksana. 

"Untuk lebih menarik lagi masyarakat di sini setiap malam minggu kami mengadakan kegiatan seperti penampilan musik, atau kesenian-kesenian," tuturnya.

Adanya Sentra Kuliner ini kata Euis merupakan hadiah bagi masyarakat. Lebih jauhnya diharapkan dapat menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Desa Margalaksana.

"Silahkan masyarakat manfaatkan sebaik-baiknya sentra kuliner ini. Mudah-mudahan bisa membantu meningkatkan SDM dan masyarakat lebih mandiri," ujarnya.(*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)