Penulis : Ade WIdi | Editor : Deddi Rustandi 

PERKIMTAN - Kinerja Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan) dalam pendataan bangunan yang rusak pascagempa  Sumedang diapresiasi Pj Bupati Sumedang. "Apresiasi untuk  Perkimtan yang sudah melakukan pendataan kerusakan bangunan dengan cepat sehingga tahap pertama yaitu 300 KK sudah selesai dan bantuan mulai ditransfer ke penerimanya,” kata Pj Bupati Herman Suryatman saat mengunjungi dan memberikan arahan di Kantor Perkimtan, Senin (8/1/2024).

Menurutnya, untuk yang 300 KK, semua bantuan akan tuntas dan ditransper ke penerimanya pada hari Rabu (10/1/2024). “Sehingga untuk tahap kedua bisa dimulai di akhir Januari dan semua selesai di bulan Februari," ujarnya.

Herman merasa bangga Dinas Perkimtan telah menunjukkan eksistensinya dan berkinerja terbaik.  "Semua ini tentunya tidak mudah namun Perkimtan bisa menyelesaikan dan ini semua berkat kepemimpinan Kadis Andri Indra dan dukungan pegawai Disperkimtan yang bekerja dengan baik," katanya.

Selain itu Herman juga membahas terkait  Inventarisasi Penguasaan, Pemilikan, Penggunaan, dan Pemanfaatan Tanah (IP4T) di Sumedang. Tahun ini IP4T diharapkan bisa dituntaskan untuk lahan eks HGU di  Kareumbi dan Margawindu. "Saya juga rencananya akan turun langsung ke lapangan terkait dengan menyelesaikan permasalahan Kareumbi dan Margawindu," katanya.

Terkait kawasan kumuh yang berada di Sumedang, Herman berharap tahun 2025 Sumedang Perkimtan bisa memastikan tidak ada kawasan kumuh di 5 lokasi yaitu Kecamatan Jatinangor, Cimanggung, Tanjungsari, Sumedang Utara dan Sumedang Selatan. [*]

 

(penerbit: sumedangkab.go.id)