Penulis : Agun Gunawan | Editor: Vera Suciati 

BAZNAS - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNas) Kabupaten Sumedang dari awal tahun 2024 sampai sekarang kerap kali menerima kunjungan kerja, baik dari BAZNas Kabupaten/Kota maupun BAZNas Provinsi.

Ketua BAZNAS Kabupaten Sumedang H. Ayi Subhan Hafas menggambarkan, dalam dua hari berturut-turut yakni Rabu (24/7/2024) dan Kamis (25/7/2024) ini pihaknya menerima kunjungan kerja dari BAZNas Kota Bukittinggi Provinsi Sumbar dan Baznas Provinsi Riau.

"Kunjungan sahabat-sahabat kami ke sini ingin berbagi ilmu pengelolan ZIS (zakat infaq sedekah) berbasis digitalisasi yang sudah kami terapkan sejak tahun 2012 sampai dengan sekarang," ujar Ayi.

Sementara itu, Wakil Ketua III BAZNas Provinsi Riau H. Mester Hasuhunan Hamzah mengatakan, pihaknya berkunjung ke Sumedang atas rujukan dari BAZNas RI untuk berguru ke BAZNas Sumedang dalam hal optimalisasi pengelolaan zakat melalui peningkatan digitalisasi pengelolaan ZIS.

"Setelah mendengarkan sharing pengelolaan ZIS BAZNas Sumedang dan melihat infrastruktur IT yang BAZNAS Sumedang punya sangat luar biasa, hanya satu aplikasi bisa mengeluarkan hasil informasi baik pengumpulan maupun pendistribusian dana ZIS secara transparan ke muzaki, bahkan masyarakat umum. Terus terang pencatatan pengelolaan ZIS di BAZNas kami masih bersifat manual," imbuhnya.

Pertemuan tersebut sambung Mester, merupakan awal kerjasama dengan BAZNas Sumedang. Pihaknya berencana meniru BAZNas Sumedang terkait pengelolaan ZIS berbasis digital.

"Selanjutnya kami berencana mengundang pimpinan dan tim IT BAZNas Sumedang untuk menyampaikan informasi berkaitan dengan pengelolaan ZIS berbasis digital yang sudah dijalankan di BAZNas Sumedang pada kegiatan Rakorda BAZNas Kabupaten/Kota Se-Provinsi Riau mendatang," tuturnya.(*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)