Penulis: Endan Dodi Kusnaedi| Editor: Vera Suciati 

DISKOPUKMPP - Tiga komoditi ini dijual murah saat Pemkab Sumedang menggelar Operasi Pasar Bersubsidi atau Opadi. Kegiatan ini bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Diperindag) Provinsi Jawa Barat dalam rangka Hari Besar Keagamaan (HBKN) yaitu idulfitri.

Opadi digelar diareal parkir Mall Pelayanan Publik (MPP) Kecamatan Sumedang Selatan Kamis, 4 April 2024.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan dan Perindustrian (DISKOPUKMPP) Kabupaten Sumedang Agus Kori Hidayat mengatakan dalam kegiatan OPADI ini ada 3 komiditi yang dijual yaitu beras premium 5 kg, gula pasir 2 kg dan minyak goreng 2 liter.

"Untuk ketiga komoditi disatukan dalam satu paket dengan harga jual kepada masyarakat Rp. 101.000," jelas Agus Kori Hidayat, Kamis 4 April 2024.

Dijelaskan Agus, untuk harga tersebut adalah harga subsudi, karena harga normal untuk ketiga komoditi tersebut Rp. 146.700, namun karena disubsidi oleh Pemerintah Provisi Jawa Barat melalui Disperindag Provinsi Jabar sebesar Rp 45.700 maka harga satu paketnya menjadi Rp 101.000.

Lebih lanjut dikatakan Agus untuk kegiatan OPADI ini Kabupaten Sumedang mendapatkan 4.834 paket dari Disperindag Provinsi dimana dalam pelaksanannya dibagi untuk 4 kecamatan yaitu Kecamatan Tanjungmedar dan Tomo yang telah dilaksanakan Rabu, 3 April 2024 serta Kecamatan Buahdua dan Sumedang Selatan dilaksanakan Kamis 4 April 2024

Agus pun berharap adanya kegiatan OPADi ini setidaknya dapat membantu dalam memenuhi kebutuhan pokok masyarakat khususnya jelang Idul Fitri walaupun memang tidak semua warga Sumedang kebagian karena Sumedang hanya mendapatkan 4834 paket saja. (*).

(penerbit: sumedangkab.go.id)