Penulis : Agun Gunawan | Editor: Vera Suciati 

BABAKANASEM - Sebanyak 200 bibit pohon ditanam di kawasan tol Cisumdawu, Dusun Banas Banten, Desa Babakanasem Kecamatan Conggeang, Jumat 16 Februari 2024. Kegiatan yang diinisiasi Cabang Dinas Kehutanan Wilayah IX Jawa Barat itu, diikuti juga oleh para siswa SD, Pemdes Babakanasem, Forkopimcam Conggeang, dan komunitas mobil di Conggeang.

Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah IX Agus Sukondi mengatakan kegiatan penanaman pohon itu dalam rangka kegiatan tanam pemeliharaan pohon. 

"Pohon yang ditanam diantaranya, mahoni, tabebuya, trembesi dan pucuk merah," kata Agus, Minggu, 18 Februari 2024.

Dikatakan, penanaman dilakukan guna mensosialisasikan dan mengajak masyarakat untuk terlibat aktif dalam penanaman. 

"Karena, kami setiap hari Jumat itu melakukan penanaman di berbagai tempat di wilayah CDK IX, baik itu di Kabupaten Sumedang ataupun di Kabupaten Indramayu," ujarnya.

Diakui, pihaknya memiliki penyuluh lapangan di seluruh wilayah Kabupaten Indramayu dan Sumedang. Semuanya, terlibat aktif dalam mengajak dan memasyarakatkan penanaman di masyarakat.

"Hari ini kami menanam di sekitar lokasi pinggir jalan tol, karena ini sebagai mukanya Kabupaten Sumedang. Jadi apabila ada warga luar daerah yang melintas akan kelihatan lebih indah," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Desa Babakanasem, Emid Koswara, mengapresiasi kegiatan penanaman pohon di wilayahnya. Selain akan menambah keindahan, juga akan menambah daya serap tanah sehingga mengurangi resiko banjir dan longsor. 

"Dengan kegiatan seperti ini kami mengajak seluruh masyarakat untuk memanfaatkan sejengkal lahan yang ada yang tidak produktif menjadi produktif. Selain masalah untuk penghidupan, juga untuk lingkungan," tuturnya.(*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)