Penulis: Endan Dodi Kusnaedi | Editor : Deddi Rustandi

DPPKBP3A - Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Sumedang menggelar kegiatan pelayanan KB, dimana kali ini dilaksanakan dalam memperingati Hari Kontrasepsi se Dunia.

Kepala Bidang Keluarga Berencana DPPKBP3A Kabupaten Sumedang Dadan Mulyadan mengatakan kegiatan pelayanan KB berkaitan dengan memperingati Hari Kontrasepsi se Dunia digelar dari tanggal 10 - 20 September 2024. Pelayanan KB dilakukan di seluruh fasiltas kesehatan pemerintah dan swasta, tempat praktek mandiri bidan, rumah bersalin dan tempat pelayanan lainnya. "Pelayanan KB yang dilakukan adalah MOP, MOW IUD, implan, suntik, pil dan kondom namun prioritas pada pelayanan KB metoda kontrasepsi jangka panjang," jelas Dadan Kamis, 26 September 2024.

Untuk pelayanan KB hari terakhir yang digelar di Puskesmas Jatigede langsung dihadiri Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli didampingi Direktur RSU Umar Wirahadikusumah dr Enceng SpB dan Kadinkes Aceng Solahudin. "Untuk pelayanan di Puskesmas Jatigede pada 20 September 2024 ini peserta 5 orang IUD dan 25 orang implant," tambah Dadan.

Pelayanan KB dalam memperingati Hari Kontrasepsi se Dunia ini Kabupaten Sumedang ditargetkan meraih 7318 peserta dan data hasil pelayanan langsung masuk ke pusat melalui aplikasi SIGA. "Sejauh ini kami juga masih menunggu hasil akhir dari pusat berapa capian Kabupaten Sumedang karena update data masih belum tuntas, namun demikian kami optimis bisa mencapai 100% bahkan lebih," jelasnya. (*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)