Penulis : Pupuh S Wijaya | Editor : Deddi Rustandi

PPS - Pj. Bupati Sumedang, Yudia Ramli didampingi Pj. Sekda Tuti Ruswati dan Asisten Pemkesra Asep Uus Ruspandi memimpin Rapat Koordinasi bersama para Camat se-Kabupaten Sumedang di Ruang Cakrabuana, Pusat Pemerintahan Sumedang (PPS), Senin (22/7/2024). Dalam Rakor tersebut masing-masing camat melaporkan berbagai program dan kegiatan strategis di wilayahnya dalam mencapai target Indikator Makro Pembangunan di Kabupaten Sumedang.

Turut dibahas dalam Rakor, akselerasi proyek strategis Tahun 2024, strategi peningkatan PAD, penurunan angka pengangguran, penanganan Inflasi, penghapusam kemiskinan ekstrem, hingga penanganan stunting. 

Pj. Bupati turut memberikan arahan dan masukan yang konstruktif guna memastikan setiap program yang direncanakan dapat berjalan optimal dan berdampak positif bagi masyarakat Sumedang. Dirinya menekankan akan pentingnya setiap program dan kegiatan yang sudah direncanakan oleh masing-masing Kecamatan bisa selaras dengan visi, misi, serta program prioritas pembangunan Kabupaten Sumedang. "Para camat jangan hanya melakukan business as usual , tetapi juga dapat melakukan inovasi dan lompatan. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa setiap langkah yang diambil dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi masyarakat," ujarnya.

Pj. Bupati Yusia mengingatkan para camat untuk mengelola sumber daya yang dimiliki dengan sebaik-baiknya serta melihat kondisi berbagai fenomena dan permasalahan yang ada di masyarakat. "Identifikasi sumber mata air di tiap desa guna mengatasi kekeringan. Identifikasi lahan untuk pemakaman, kelola sampah dan perlu keberadaan pasar di tiap kecamatan," katanya.

Sementara itu, Pj Sekda Tuti Ruswati menekankan pula pentingnya mekanisme pemantauan dan eval_uasi secara berkelanjutan terhadap pelaksanaan program kegiatan strategis di Sumedang. Hal itu, kata dia, akan membantu dalam mengidentifikasi potensi permasalahan dan perbaikan sehingga pembangunan dapat berjalan efektif. "Mudah mudahan para camat dapat bekerja maksimal dan bertanggung jawab melaksanakan program -program strategis yang telah direncanakan," ujarnya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)