Penulis : Pupuh S Wijaya | Editor : Deddi Rustandi

MEKARRAHAYU - Kebun Anggur Puncak Rahayu menjadi destinasi wisata baru di Desa Mekarrahayu, Kecamatan Sumedang Selatan dibuka oleh Pj Bupati Sumedang, Yudia Ramli, Sabtu (20/7/2024). Selain menawarkan pengalaman unik memetik anggur langsung dari kebunnya, Wisata Kebun Anggur Puncak Rahayu juga menyajikan panorama keindahan alam serta spot-spot untuk berswafoto.

Pj. Bupati Sumedang Yudia Ramli mengatakan, Wisata Kebun Anggur Puncak Rahayu diharapkan dapat menjadi salah satu ikon wisata baru di Sumedang.  "Dengan dibukanya Wisata Kebun Anggur di Desa Mekarrahayu, diharapkan dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke sini sehingga dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan ekonomi dan pariwisata lokal," ujarnya.

Yudia mengaku bangga dengan dibukanya tempat wisata tersebut sebagai bukti nyata kemandirian masyarakat dalam memajukan desanya. "Saya apresiasi Kepala Desa Mekarrahayu beserta jajaran atas upaya yang dilakukan untuk kesejahteraan warga dan memajukan desa," tuturnya.

Kepala Desa Mekarrahay, Asep Suherman mengatakan, saat ini pihaknya tengah berupaya untuk menjadikan Desa Mekarrahayu sebagai desa wisata. "Saat ini kami telah menyusun dan melengkapi eviden sebagai syarat pemenuhan desa wisata diantaranya terkait kesesuaian dengan rencana tata ruang wilayah dari PUTR dan rencana mitigasi bencana dari BPBD," ujarnya

Selain kebun anggur, lanjut Kades, akan turut dikembangkan kebun jeruk, kebun durian, cagar budaya dan wisata religi situs Geger Hanjuang yang pernah menjadi ibu kota Kerajaan Sumedang larang. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)