Penulis : Puji Marliyana | Editor : Deddi Rustandi

COMMAND CENTER - Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang mengikuti penilaian Beauty Contest Bantuan Keuangan Kabupaten/Kota Kompetitif Tahun Anggaran 2025 secara virtual di Command Center Sumedang, Senin (22/7/2024).

Pj. Sekda  Tuti Ruswati didampingi para Kepala OPD memaparkan secara rinci mengenai berbagai peningkatan aktivitas ekonomi untuk ketahanan pangan dan pemberdayaan ekonomi lokal dengan inovasi  Sentra Andalan Pertanian Organik Sumedang yang Berkualitas, Integrated dan Unggul (SAPERTOS KITU). "Latar belakang inovasi ini adalah karena terdapat tren menurun produksi dan provitas padi di  Sumedang. Selain itu ketergantungan petani terhadap pupuk kimia semakin meningkat, sementara ketersediaan dan aksesnya semakin sulit dan terbatas," kata Tuti.

Menurut Tuti, dilakukan beberapa mekanisme dan rancangan kegiatan diantaranya, penguatan kelembagaan petani, budidaya padi organik, pemasaran serta budidaya peternakan. "Untuk penguatan kelembagaan petani kita bentuk Kelembagaan Ekonomi Pertanian (KEP) dalam bentuk koperasi. Kami berharap koperasi menjadi pengelola agribisnis inovasi SAPERTOS KITU, serta daya dukung lingkungan meningkat," ujarnya.

Tuti menyebutkan, konvergensi kegiatannya  yakni keberlanjutan sumberdaya alam dan lingkungan hidup, peningkatan masyarakat desa, pertumbuhan ekonomi serta peningkatan pelayanan publik. "Untuk pertumbuhan ekonomi dilakukan dari peningkatan provitas, pengurangan biaya produksi padi, peningkatan nilai tambah produk, produk pupuk organik dari kohe, dan pendapatan dari budidaya hijauan dan pengolahan pakan," katanya.

Untuk indikator keberhasilan inovasi SAPERTOS KITU, menurut Tuti dilihat dari tingkat efektivitas, peluang investasi, serta serapan tenaga kerja. "Untuk tingkat efektivitas sebesar 100 persen ditunjang dengan kondisi existing di lokasi yang merupakan sentra pertanian organik dan industri beras organik yang sudah berjalan kurang lebih tiga tahun yang dilaksanakan oleh kelompok tani," terangnya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)