Renyahnya Tengteng Ciuyah


Baca juga : Sumpah Pemuda
Renyahnya Tengteng Ciuyah


CISARUA - Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Ciuyah, Kecamatan Cisarua membuat makanan khas Sunda, tengteng. Bahan baku tengteng, selain dari beras, ada juga yang dari jagung. "Kami membuat  dua jenis, ada yang terbuat dari beras dan ada juga yang dari bahan baku jagung," kata Ketua Kelompok Wanita Tani Desa Ciuyah, Ruminah, Sabtu (9/11/2019).

Keahlian membuat makanan renyah tersebut didapat anggota KWT dari pelatihan yang diadakan pihak Desa Ciuyah. Sebelumnya, KWT Ciuyah juga mendapakan bantuan peralatan membuat tengteng. "Ini juga baru mau dua bulan berjalan. Begitu mendapat pelatihan langsung kita produksi," katanya.

Dikatakan, pembuatan tengteng ini dikelola oleh BUMDes. Hampir setiap hari KWT Desa Ciuyah memproduksi tengteng. Seharinya kelompok tersebut bisa membuat tengteng sebanyak 5 Kg. Kebanyakan tengteng diproduksi jika ada pesanan. "Buat stok sehari paling bikin 5 kilogram. Penjualan baru sekitar Sumedang saja, paling jauh ke Bogor. Tapi pernah juga ada yang bawa buat ke Bali," katanya.

Saat ini, tengteng yang diproduksi baru yang rasa manis. Rencananya tengteng akan dibuat aneka rasa. "Kebanyakan yang pesan untuk hajatan atau oleh-oleh. Kalau ke warung-warung masih kurang," katanya. (agn)

 


Sumedang Simpati, One Village One Product

Artikel Terkait