5 Kebiasaan Orang Indonesia yang Pasti Dilakukan Saat Tahun Baru


Baca juga : Wado, Geliat Kota di Timur Sumedang


1. Beli terompet

Sudah mulai melihat abang-abang jualan terompet? Ya hadirnya abang jualan terompet menandakan tahun baru semakin dekat. Pergantian tahun bakal garing banget kalau nggak pakai terompet.Hampir di setiap daerah pasti ada tukang jualan terompert dadakan. Terompet ini menjadi salah satu hal wajib selama tahun baru. Nah, kebiasaan seperti ini ada juga loh di negara-negara lain misalnya Amerika.

2. Pesta tahun baru = kembang api dan petasan

Sibuk cari spot lihat kembang api tahun ini? Pesta tahun baru apa artinya tanpa kembang api dan petasan. Langit di kota-kota Indonesia pasti berubah jadi warna-warni pas pergantian tahun baru. Kembang api dan petasan menjadi barang wajib di pesta pergantian tahun. Biasanya dilandmark setiap kota pasti mengadakan pesta kembang api yang meriah. Di Jakarta sendiri Monas dan Ancol biasanya menjadi titik berkumpulnya warga yang ingin merayakan malam pergantian tahun.

3. Ramai-ramai bikin pesta barberque

Ini juga jadi kegiatan favorit orang Indonesia, pesta barbercue atau yang biasa disebut bakar-bakaran. Entah itu di rumah teman atau rumah keluarga kegiatan ini akan menghiasi acara tahun baruan. Kapan lagi makan enak sambil kumpul-kumpul seru melihat kembang api.

4. Jalan-jalan ke pusat kota

Bukan cuma di Jakarta saja, kebiasaan untuk jalan ke pusat kota atau destinasi wisata juga ada di berbagai daerah Indonesia. 

5. Nonton konser musik

Buat beberapa orang tahun baru artinya bisa menyaksikan konser musik band kesayangan. Kadang konser musik ini juga diadakan gratis oleh Pemerintah Daerah setempat. Pusat-pusat perbelanjaan juga pasti mempunyai acara yang mirip dengan bintang-bintang ibukota. (rtn)

 


Artikel Terkait