SUMEDANGKAB.GO.ID, DINKES - Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang akan menjadikan 11 puskesmas menjadi satelit atau rujukan horizontal bagi puskesmas puskesmas lainnya yang ada di wilayah Kabupaten Sumedang. Puskesmas tersebut adalah puskesmas Jatinangor, Cimanggung, Tanjungsari, Kotakaler, Cimalaka, Sukamantri, Tomo, Conggeang, Darmaraja, Jatinunggal dan Situ. Kesemua puskesmas tersebut sebelumnya merupakan puskesmas dengan perawatan dan poned.
Menurut Kabid Sumber Daya Kesehatan (SDK) Dinkes Ekki Riswandiyah, upaya ini dilakukan agar tidak terjadi penumpukan pasien rujukan di Rumah Sakit.
"Selama ini masyarakat kalau dari puskesmas inginnya langsung di rujuk ke Rumah Sakit, padahal penyakitnya masih bisa ditangani," jelas Ekki, Jumat (9/10/2020).
Nantinya, diharapkan pasien yang dirujuk dari puskesmas ini tidak langsung ke Rumah Sakit tetapi ditangani dulu di Puskesmas satelit tersebut.
Program tersebut saat ini telah berjalan, namun secara resmi louching baru akan dilaksanakan saat pelaksanaan Hari Kesehatan Nasinal (HKN) tingkat Kabupaten Sumedang nanti. ***(end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)