Penulis: Endan Dodi Kusnaedi| Editor: Vera Suciati

DINKES - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumedang menargetkan 12 puskesmas mendapatkan hasil paripurna pada pelaksanaan akreditasi.

Kepala Dinkes Sumedang Dadang Sulaeman mengatakan berbagai persiapan telah dilaksanakan ke 12 Puskemas tersebut dalam upaya meraih hasil paripurna.

Adapun 12 puskesmas tersebut adalah Kotakaler, Cimalaka, Situraja, Buahdua, Surian, Sawahdadap, Cisempur, Sumedang Selatan, Tanjungmedar, Ujungjaya dan Padasuka.

"Untuk pelaksanaan akreditasi ini rencananya akan dilaksanakan tahun ini kalaupun tidak bisa tahun ini, diundur hingga tahun depan," jelas Dadang Kamis, 8 Desember 2022.

Namun demikian lanjut Dadang walaupun waktu pelaksanaan akreditasi ini belum pasti waktunya, namun pihak Dinkes telah bersiap siap, hal ini dilakukan ketika ada informasi terkait waktu pelaksanaan akreditasi, dilapangan telah siap.

Lebih lanjut dikatakan Dadang penilai akreditasi puskesmas ini adalah tim asesor dari Kementrian Kesehatan dimana mereka akan melakukan penilaian dengan langsung mengunjungi puskesmas bersangkutan.

Ditambahkan Dadang tujuan diberlakukannya akreditasi puskesmas adalah untuk membina puskesmas dan fasilitas pelayanan kesehatan primer dalam upaya untuk berkelanjutan memperbaiki sistem pelayanan dan kinerja yang berfokus pada kebutuhan masyarakat, keselamatan, dan manajemen risiko.

"Jadi dengan adanya akreditasi ini diharapkan pelayanan kesehatan yang dilakukan puskesmas akan semakin meningkat," tambahnya. (*).

(penerbit: sumedangkab.go.id)