Penulis : Agun Gunawan | Editor : Deddi Rustandi

DINKES - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumedang mulai melakukan vaksinasi Covid-19 dosis empat atau booster kedua untuk tenaga kesehatan di kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, Jumat (19/8/22). Pemberian vaksin dosis empat atau Booster kedua ini diberikan kepada 120 tenaga kesehatan (nakes) di Lingkungan Dinkes.

Sebelum dilakukan vaksinasi, para nakes terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan untuk memastikan kondisi kesehatan mereka. Salah seorang nakes di lingkungan Dinkes Sumedang, Nia Budianti mengatakan, vaksin booster kedua sangat diperlukan oleh nakes. Sebab bisa menjaga imunitas tubuh, apalagi dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang masih terjadi. "Vaksin ini memang dirasa perlu sekali, karena kami kan dikehidupan nakes sangat beresiko sekali, dan vaksin ini untuk meningkatkan imun," katanya.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah karena telah memberikan vaksin keempat, agar mereka lebih baik dan siap menghadapi kondisi covid yang masih ada.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, dr. Reny Kurniawati Anton menuturkan, pihaknya sudah mulai melaksanakan vaksinasi dosis keempat atau booster kedua bagi nakes, sebagaimana instruksi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) selama sepekan ini. "Di minggu ini, kami sudah memulai untuk konsolidasi terutama dengan SDM kesehatan yang ada dari pemerintahan, Rumah Sakit dan juga Pusksmas," kata Reny.

Berdasarkan data dari Bidang Sumber Daya Kesehatan (SDK) Dinkes Sumedang, kata Reny, total ada 5.315 nakes yang menjadi sasaran vaksin booster kedua atau dosis keempat. Dengan rincian, 1.150 orang nakes di RSUD Sumedang, 289 orang di Bidang Kefarmasian, 1.207 orang di klinik swasta, 514 orang Rumah Sakit swasta dan sisanya nakes di Puskesmas, serta tenaga nakes di bidang lainnya. "Kisaran jumlah nakes yang kami minta datanya dari bidang SDK adalah sekitar 5.315. Memang kalau dari persentase karena memang kami baru mulai beberapa hari ini belum banyak. Mungkin yang sudah divaksin adalah teman-teman SDM yang ada di Puskesmas," katanya.

Renny menuturkan, pelaksanaan vaksin booster kedua bagi nakes ini dapat selesai dalam tiga pekan kedepan. Pihaknya saat ini tengah melakukan akselerasi dengan pihak pelayanan kesehatan swasta. "Harapannya adalah partisipasi dari seluruh SDM kesehatan dan dari teman-teman fasilitas pemerintah RSUD, Puskesmas. Satu lagi adalah kesadaran dan fasilitasi dari teman-teman SDM kesehatan yang ada di swasta. Semua dilakukan adalah untuk kembali keberpihakan kepada nakes ataupun memberikan kesempatan kepada nakes untuk meningkatkan imunitas," ujarnya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)