DINKES - Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat salah satunya dengan memperbanyak layanan rawat inap yang ada di PKM (pusat kesehatan masyarakat).

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Sumedang Emay K mengatakan dari 35 PKM yang ada di Sumedang aebanyak 15 PKM telah dilengkapi dengan rawat inap.
Adapun ke 15 PKM tersebut adalah  PKM Jatinangor, Tanjungsari, Kotakaler, Cimalaka,  Sukamantri,  Surian, Buahdua,  Conggeang, Ujungjaya, Tomo, Jatinunggal, Wado, Darmaraja,  Cibugel dan Cisitu. "Selain itu saat ini masih ada 3 PKM yang sedang proses untuk dilengkapi dengan rawat inap yaitu, Jatigede, Hariang dan Situ," jelas Emay Selasa (2/2/2021).

Emay menambahkan tiga PKM ini akan dilengkapi dengan rawat inap karena secara persayaratan sudah memenuhi terutama dati ketersedian bangunan.
Lebih lanjut dikatakan Emay dengan adanya rawat inap di PKM maka pelayanan kepada masyarakat akan semakin meningkat. Dengan adanya PKM yang dilengkapi dengan rawat inap kasus kasus gawat darurat bisa cepat ditangani selain itu hal ini juga dalam.upaya mengiindari terjadinya penumpukan pasien di RS. "PKM ini nantinya bisa menjadi penyaring bagi pasien khususnya bagi pasien yang harus dirawat inap, kalau memang bisa ditangani di PKM maka tak perlu pasien maksa ke RS," tandasnya. [edk]

(penerbit: sumedangkab.go.id)