BUAHDUA - Sebanyak 17 orang warga yang pernah kontak erat  dengan pasien positif Covid 19 berdasarkan hasil test swab asal Kecamatan Buahdua diperiksa swab test oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, Selasa (12/5).

Pemeriksaan swab test dilakukan kepada istri, anak, kedua mertua serta keluarga pasien positif Covid 19 di tempat tinggalnya.  "Memang benar kami melakukan pemeriksaan terhadap warga yang pernah kontak erat dengan pasien dan jumlahnya mencapai17 orang," terang Kadinkes Sumedang Dadang Sulaeman, Rabu (13/5/2020).

Dijelaskan Dadang, pasien yang positif Covid 19 asal Buahdua ini adalah pemudik dari Zona Merah dan terlihat sehat serta tidak ada keluhan apa apa.  Namun demikian pasien yang bersangkutan sempat kontak dengan orang lain di kampungnya sebelum dilakukan rapid test yang hasilnya reaktif.

Karena hasilnya reaktif lanjut Dadang, maka yang bersangkutan di isolasi dan ditindaklanjut dengan test swab dan hasilnya ternyata positif.  "Untuk itulah guna mencegah penyebaran lebih lanjut kami melakukan pemeriksaan terhadap warga lainnya yang pernah kontak erat dengan pasien,"  kata Dadang.  [end]

(penerbit: sumedangkab.go.id)