KPA - Dari jumlah kasus HIV/AIDS di Kabupaten Sumedang sebanyak 474 kasus sebanyak 18 diantaranya menimpa usia anak dibawah 17 tahun. Bahkan dari 18 orang ini satu diantaranya meninggal dunia.

Kepala Sekretariat KPA Sumedang Hj Retno Ernawati menyebutkan anak anak ini terinfeksi HIV dari orang tuanya. "Tentunya kami juga turut prihatin, dan 1 orang yang meninggal sebelumnnya merupakan motivator bagi rekan rekannya, namun sayang ia hanya mampu bertahan hingga usia 17 tahun," jelas Retno Selasa (1/12/2020).

Dijelaskan Retno dalam upaya mencegah terjadinya kasus baru HIVAIDS pada anak anak pihaknya bekerjasama dengan Dinkes Kabupaten Sumedang melakukan pemeriksaan Dini terkait HIV pada ibu hamil. "Program ini memang sudah berjalan dan untuk bulan November dan Desember ini dalam rangka peringatan Hari AIDS sedunia kami lebih mengintensifkan lag pemeriksaan," jelas Retno.

Ditambahkan Retno dengan melakukan skrining dini terhadap ibu hamil maka diharapkan akan mudah mendapatkan ibu hamil yang terinfeksi. Dan bila ditemukan akan memudahkan pihakny untuk mengambil tindakan terutama dalam upaya menyelematkan bayi yang ada dalam kandungan supaya tidak ikut terinfeksi HIV dari ibunya.
Secara terpisah Kabid P2P Dinkes dr Reni K Anton mengakui kalau saat ini pihak Dinkes mewajibkan ibu hamil untuk dilakukan test HIV. "Pemeriksaan bisa dilakukan di pusat pelayanan kesehatan seperti Puskesmas dan sejauh ini berdasarkan data di Dinkes setelah dilakukan pemeriksaan ada juga ibu hamil yang terinfelsi HIV," tandasnya. (end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)