Penulis Endan Dodi Kusnaedi | Editor : Deddi Rustandi

RANCAKALONG - Pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di wilayah Puskesmas Rancakalong secara resmi dimulai Senin (15/8/2022).
Kepala Puskesmas Rancakalong Yayat Nurhidayat mengatakan kegiatan pertama BIAN ini dipusatkan di 2 titk yaitu posyandu Srikandi 7 Dusun Selaawi Desa Sukahayu dan Bale Desa Sukahayu. "Kegiatan pertama ini langsung dihadiri unsur Forkopimcam Kecamatan Rancakalong, Ketua TP PKK kecamatan dan desa, kepala desa Sukahayu dan juga Kabid P2P Dinkes Sumedang Reny K Anton," jelas Yayat, Senin (15/8/2022).

Dijelaskan Yayat untuk sasaran pelaksaan imunisasi di 2 tempat ini berjumlah 273 anak, namun demikian yang hadir sebanyak 223 anak. "Untuk yang tidak hadir akan kami lakukan imunisasi juga dengan mendatanginya secara langsung secara door to door," tambah Yayat.

Ditambahkan Yayat usai melakukan kegiatan BIAN yang pertama di Desa Sukahayu, selanjutnya pihak puskesmas juga akan melakukan BIAN untuk seluruh sasaran. Kegiatan BIAN nantinya akan dipusatkan di setiap posyandu dan juga tempat tempat yang mudah diakses warga seperti bale desa dan tempat lainnya.

Demi suksesnya pelaksanaan BIAN di Rancakalong, pihaknya menghimbau masyarakat untuk tidak segan segan membawa anaknya ke posyandu atau tempat yang telah ditunjuk untuk mendapatkan imunasasi. "Bagaimanapun juga imunisasi ini penting sehingga dibutuhkan peran aktif dari masyarakat," jelasnya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)