Penulis : Pupuh S Wijaya | Editor : Deddi Rustandi

GEDUNG NEGARA - Sebanyak 26 orang guru dan 52 orang siswa dari 26 kecamatan di Kabupaten Sumedang mengikuti pembelajaran metode GASING (Gampang, Asyik, dan Menyenangkan) yang ditemukan oleh Profesor Yohanes Surya. Kegiatan Peningkatan Kapasitas Siswa dan Guru Program Pandai Berhitung dengan Metode GASING di Gedung Negara dibuka Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, Sabtu (4/2/2023).

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang Agus Wahidin mengatakan, Kegiatan tersebut sudah dilaksanakan sejak Rabu (1/2) bertempat di SD Manangga Kecamatan Sumedang Selatan. "Untuk para pesertanya  yakni perwakilan guru dari tiap kecamatan masing-masing satu orang. Untuk muridnya sebanyak 52 orang. Ini merupakan tahap kesatu. Guru yang dipilih adalah yang berkompeten. Sedangkan siswa yang dipilih yang biasa- biasa saja, sehingga dapat terlihat perkembangannya," jelasnya.

Dijelaskan Kadisdik, ke-26 guru yang selesai menyelesaikan program pembelajaran metode GASING akan langsung dijadikan narasumber dan menjadi guru untuk masing-masing kecamatan. "Nanti di tiap kecamatan ada 10 guru. Jadi  26 guru akan mengajar 10 guru di tiap kecamatan sehingga menjadi 260 guru. Ditambah 40 guru SMP matematika menjadi 300. Yang 300 orang ini, akan mengajar lagi 10 orang lagi. Sehingga hasil akhir menjadi 3.000 guru berkompeten dan ini yang ditargetkan," kata Agus.

Agus berharap enam bulan mendatang anak-anak yang sudah dilatih, perkembangannya dimonitor seperti apa. "Kabupaten Sumedang menjadi percontohan di Jawa Barat dan untuk guru-guru kami yang kompeten baik, akan menjadi narasumber di luar negeri ini. Sumedang adalah Kabupaten ke-10 di Indonesia, namun menjadi yang pertama di Jawa Barat," katanya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)