78 Desa Berminat Menjadi Desa Wisata


Baca juga : Disparbud Berikan Tata Cara Kelola Desa Wisata


SUMEDANGKAB.GO.ID, PEMKAB - Data dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kab. Sumedang menyebutkan ada 78 desa yang berminat menjadi desa wisata. Mereka rata-rata memang mempunyai potensi alam dan keunggulan lainnya seperti budaya, kesenian, dan kuliner yang bisa dijadikan komoditas pariwisata.

“Desa-desa di Sumedang ini memang dimotivasi agar menjadi desa wisata menyusul Sumedang sendiri yang sudah ditetapkan menjadi Kabupaten Pariwisata oleh Kementerian Pariwisata,” kata Kepala DPMD Kab. Sumedang Endah Kusyaman, Jumat (20/12/2019).

Sebelumnya, DPMD telah menginventarisir mengenai potensi wisata di Sumedang. Dari 270 desa, ada 171 desa yang dinilai memiliki potensi wisata. Dari jumlah ini, ada 78 desa yang memang serius mengusulkan desanya menjadi desa wisata. Selanjutnya, DPMD sendiri bekerjsama lintas sektor bersama Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) untuk merintis, menyusun, dan menciptakan desa wisata. Pada tahapan selanjutnya nanti DPMD akan memfasilitasi desa untuk melakukan kajian tentang kelayakan desa wisata hingga nanti terbit regulasi tentang penetapan desa wisata.***(vrs)


desa wisata

Berita Terkait