Ada 1.000 Buku Bahan Pustaka yang Diolah Arsip dan Perpustakaan


Baca juga : Bupati Pimpin Upacara Kesaktian Pancasila


DANO -  Bidang Sarana Prasarana Arsip dan Perpustakaan melalui seksi Sarana dan Prasarana Arsip dan Perpustakaan melaksanakan pengolahan bahan pustaka, Rabu (13/11/2019). Kegiatan ini dilaksanakan berkaitan dengan adanya pengadaan buku baru di Dinas Arsip dan Perpustakaan.

 Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Arsip dan Perpustakaan, Asmita,S.Pd. memimpin langsung pengolahan bahan pustaka didampingi oleh para staf. "Ada 1000 eksemplar bahan pustaka yang diolah," kata Asmita.

Bahan pustaka itu  terdiri dari berbagai jenis kategori yang diantaranya buku pendidikan,fiksi dan non fiksi. Pengolahan bahan pustaka merupakan salah satu inti dari tugas perpustakaan. "Bahan pustaka yang masuk ke perpustakaan wajib diolah dengan baik agar proses temu kembali informasi nantinya berjalan lancar dan mewujudkan tertib administrasi," katanya.

Menurutnya,  proses pengolahan bahan pustaka ini dapat berbeda-beda urutan kegiatan atau alur prosesnya antara perpustakaan satu dengan yang lainnya. Hal ini mungkin disebabkan oleh adanya perbedaan budaya kerja, sumber daya manusia, dan sarana prasarana dalam proses pengolahan. Ada empat kegiatan pokok dalam pengolahan bahan pustaka yaitu: (1) inventarisasi, (2) klasifikasi, (3) katalogisasi, (4) dan shelving. Nantikan Bahan Pustaka baru tersebut di SIPOCA (Literasi Pojok Baca) Asia Plaza, Pojok Perpustakaan MPP (Mal Pelayanan Publik), dan Perpustakaan Kabupaten Sumedang Jl.Mayor Abdurahman No.185. Salam Literasi. [arsip dan perpustakaan]


Sumedang

Berita Terkait