CISITU - Desa Linggajaya, Kecamatan Cisitu jadi proyek percontohan desa tangguh dalam ketahanan pangan saat pandemi Covid-19 di Kabupaten Sumedang.  Diberi nama Kampung Tohaga Lodaya, Desa Linggajaya menjadi desa yang paling siap untuk mandiri dalam menghadapi kondisi pandemi ini.

Di desa ini, berbagai sarana seperti lumbung padi, dapur umum, tempat isolasi mandiri, tersedia. Kemudian kelompok perikanan, kelompok pertanian, kelompok ibu kreatif bisa berdaya meski dalam masa pandemi.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir yang hadir pada acara itu mengapresiasi Pemerintah Desa Linggajaya yang siap dalam segala hal, terutama penyediaan pangan bagi masyarakat.  "Kondisi ini ada sebelum pandemi. Ini harus jadi contoh buat desa lainnya. Sehingga meski ada pandemi masyarakat dijamin aman pangan. Mudah-mudahan ketika tak ada bansos pun bisa mandiri," ujar Dony.

Pemkab Sumedang akan mendorong desa lain agar bisa mencontoh Desa Linggajaya untuk membentuk desa tangguh dan mandiri dalam menghadapi pandemi. "Ini jadi proyek percontohan di Kabupaten Sumedang. Jika berhasil akan diterapkan pada desa lainnya.

Dalam kesempatan itu, bupati memberikan banyuan secara simbolis berupa bantuan benih ikan sebanyak 100 ribu ekor dan dari sektor pertanian berupa beras 1.6 ton. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)