Penulis : Agun Gunawan| Editor: Vera Suciati

CADAS PANGERAN - Dalam kunjungan nya ke lokasi longsor di Cadas Pangeran beberapa hari lalu, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengajak masyarakat berpartisipasi dalam mengantisipasi bencana alam. Bupati menyebut, bencana alam di Sumedang masuk dalam Hidrometeorologi.

Contohnya, kata bupati,  jika masyarakat melihat ada saluran air yang tersumbat atau tidak berfungsi, maka segera tangani dengan bergotongroyong, atau melaporkannya ke pihak terkait. Lebih dari itu, bupati juga tak bosan mengajak masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, apalagi ke saluran air.

"Kalau menemukan saluran air tersumbat segera tangani dengan gotong royong atau jika kerusakannya parah maka laporkan kepada pemerintahan setempar agar bisa menghubungi dinas bersangkutanyang," katanya.

Selain itu, bupati juga menginstruksikan para camat dan kepala desa untuk terus melakukan monitoring di wilayahnya, agar bisa mendeteksi dini bilamana ada ancaman bencana.

"Camat dan kades agar bisa terus monitoring, jadi bisa deteksi dini berkaitan dengan longsor banjir dan pohon tumbang," ucapnya. (*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)