SUMEDANGKAB.GO.ID, KANTOR PEMKAB – Ada yang tidak biasa di  Kompleks Kantor Pemkab Sumedang. Yaitu, adanya warung pintar yang merupakan program dari Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Sumedang  dalam upaya memberdayakan warung kecil dan memberdayakan keberlangsungan ekonomi.

Warung Pintar adalah perusahaan startup yang menyediakan solusi untuk usaha ritel warung secara menyeluruh, seperti pencarian lahan usaha hingga kebutuhan dana. Targetnya adalah orang yang ingin memulai usaha warung, serta platform untuk berinvestasi kepada pemilik warung.

Selain itu, Warung Pintar juga melayani para pengusaha warung melakukan transformasi digital dan modernsiasi usaha, seperti akses terhadap barang kebutuhan sehari-hari dengan harga lebih murah, memungkinkan warung menjual barang digital, melengkapi infrastruktur warung dengan beragam perangkat elektronik dan internet of things (IoT) dan pemanfaatan software guna menunjang usaha.

Co-Founder Agung Bezharie melalui daring menyampaikan dibentuknya Warung Pintar merupakan suatu inisiatif dalam memberdayakan warung kecil untuk keberlangsungan ekonomi. Agung menambahkan bentuk kerjasama antara warung pintar dengan pemerintah Kabupaten Sumedang adalah dengan memanfaatkan koperasi syariah untuk mendorong perekonomian masyarakat Sumedang.
"Warung pintar berkolaborasi dengan pemerintah Sumedang   berkolaborasi dalam memanfaatkan koperasi untuk perekonomian masyarakat," katanya.
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir menyampaikan keberadaan warung pintar koperasi syariah ditengah masyarakat harus berdampak terhadap perekonomian masyarakat dan dapat menekan keberadaan renternir.
"Warung pintar harus menjadi solusi dalam perekonomian masyarakat, dapat berdampak terhadap penekanan keberadaan renternir di masyarakat," katanya.***(rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)