PASEH KALER - Ade Jayadi (66) warga RT 16 RW 06, Dusun Paseh, Desa Paseh Kaler, Kecamatan Paseh mengaku terharu rumah yang ditinggalinya selama puluhan tahun diperbaiki melalui Program Rehab Rumah Tidak Layak Huni dari Polres Sumedang bekerjasama dengan BAZNas Sumedang. Ade yang hanya bekerja serabutan tidak mampu memperbaiki rumahnya yang sudah reyot dan nyaris ambruk tersebut karena kendala ekonomi. "Sangat senang rumah saya sekarang sudah diperbaiki, impian saya jadi kenyataan," kata Ade, Sabtu (28/11/2020).

Camat Paseh, Beni Satriaji menuturkan, dulunya bangunan rumah Ade terbuat dari bilik dan kayu. Kondisinya juga sangat memprihatinkan karena nyaris ambruk. Namun setelah mendapat program rehab rutilahu kini rumah Ade berdiri kokoh. "Sekarang dindingnya tembok, dan tentunya menjadi layak untuk dihuni," kata Camat.

Lebih jauh, Beni mengatakan melalui program rutilahu Polres dan Baznas, sangat membantu pihak pemerintah dalam merealisasikan rumah layak huni di seluruh wilayah Sumedang. "Program rutilahu ini juga mengurangi beban kami," katanya.

Selain camat, peresmian program rutilahu ini secara simbolis dilakukan oleh Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto bersama Ketua Baznas Sumedang Ayi Subhan Hafas. "Dilaksanakannya peresmian tersebut merupakan rangkaian kegiatan selesainya pengerjaan pembangunan Rutilahu program Polres Sumedang dan Baznas Kabupaten Sumedang sebagai bentuk kepedulian kepada warga masyarakat," kata Kapolres. 

Dalam program rehab rutilahu Polres-Baznas ini sebanyak 26 rumah warga tidak mampu di 26 kecamatan di Sumedang diperbaiki oleh anggota Polsek jajaran, bersama TNI dan warga. Dalam kesempatan itu juga dilakukan pemberian paket sembako bagi warga kurang mampu. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)