SUMEDANGKAB.GO.ID, KARYAMUKTI - Pemerintah Kecamatan Tomo terus berupaya mengembangkan wilayahnya menjadi kawasan agrowisata. Salah satu upayanya, membuat agrowisata perkebunan Mangga Gedong Gincu dan Jambu Kristal bernama Sawah Menak, di Dusun Bantargintung Desa Karyamukti Kecamatan Tomo.

Camat Tomo, Asep Tatang Junaedi menuturkan, agrowisata Sawah Menak memakai konsep memetik dan makan buah Mangga Gedong Gincu di tempat. Selain Mangga Gedong Gincu, ada juga Jambu Kristal di perkebunan tersebut.

"Kami bekerjasama dengan Perhutani membuka lahan seluas 30 hektar untuk membuka perkebunan ini, mudah-mudahan jadi role model untuk pengembangan agrowisata di Kabupaten Sumedang," katanya, Selasa (21/7/2020).

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir beserta istri yang mengunjungi tempat tersebut menuturkan, lokasi agrowisata Sawah Menak sangat strategis, sebagai berada di pinggir jalan nasional Bandung-Cirebon.

"Tempatnya sangat strategis karena berada di pinggir jalan nasional, mobil bisa langsung masuk, langsung petik, kupas dan makan di tempat, luar biasa sensasinya makan mangga dan jambu di kebunnya langsung," ujarnya.

Bupati mengatakan, untuk mewujudkan agrowisata di Sumedang, Pehaknya akan membantu mengembangkan agrowisata Sawa Menak melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Namun menurut bupati upaya tersebut dibutuhkan kekompakan dan kebersamaan.

"Pemkab Sumedang akan membantu khususnya dalam pengembangan 3A, aksebikitas, amenitas, dan atraksi. Sehingga akhirnya mampu menggerakkan ekonomi warga sekitar, khususnya warga Kecamatan Tomo," ucapnya.***(rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)