SITURAJA - Masyarakat Situraja diuntungkan dengan dibukanya akses jalan proyek menuju  Bendung Rengrang. Dibukanya akses jalan proyek tersebut kini menghubungkan beberapa desa yang ada di Kecamatan Situraja, seperti Cicarimanah, Pamulihan dan Malaka dengan wilayah Kecamatan Paseh.

Camat Situraja, Sutisna mengatakan,  adanya akses jalan tersebut maka masyarakat di tiga desa tersebut bahkan sebagian masyarakat Desa Situraja utara akan dipermudah untuk memasarkan hasil tani ke wilayah lain seperti wilayah Kecamatan Paseh, Conggeang dan Ujungjaya bahkan akses tersebut merupakan akses singkat menuju Kabupaten Majalengka. "Dengan adanya akses jalan proyek Bendung Rengrang di Desa Malaka yang sudah digarap, yakin untuk ke depannya akan banyak manfaat yang dirasakan oleh masyarakat di Kecamatan Situraja," ujar dia, Minggu (17/11/2019).

Disebutkan, sebagian besar masayarakat di Desa Malaka, Cicarimanah dan Pamulihan adalah petani buah-buahan yang hasil taninya banyak di pasarkan ke wilayah Kabupaten Majalengka. Sebelumnya untuk menuju Majalengka, petani harus menempuh jalan memutar melalui Sumedang kota.

Otomatis dengan adanya akses jalan tersebut maka warga akan mengurangi jarak tempuh sampai 25 kilometer. Selain itu, di tiga desa tersebut ada juga warga yang berprofesi menjadi perajin batu bata. Dengan adanya jalan proyek bisa dijadikan akses penunjang untuk memajukan usahanya, dengan memasarkan barang ke wilayah tetangga. Jadi hasil produksinya itu tidak hanya bisa dipasarkan di wilayah Situraja saja.

Ia menyebutkan, pada intinya akses jalan Bendung Rengrang itu akan jadi penunjang ekonomi bagi masyarakat Situraja, perlintasan singkat antar kecamatan itu diyakinkan bisa mendongkrak perekonomiannya baik dari sektor pertanian maupun perusahaan. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)