IPP - Wakil Bupati H Erwan Setiawan menjadi Pembina Upacara Bendera dalam Peringatan Hari Pahlawan Tingkat Kabupaten Sumedang Tahun 2019 di Lapang Upacara IPP Setda, Minggu (10/11/2019).  Komandan Upacara, petugas Pembaca teks Pancasila, Pembukaan UUD 1914, dan Pesan-Pesan Pahlawan semuanya dari unsur Kodim 0610. Sedangkan Korsik dari Gita Swara Tandang dan Paduan Suara dari SMAN 1 Sumedang. Pembaca do'a dari Kantor Kemenag Sumedang.

Menteri Sosial RI Juliari P Batubara dalam amanat tertulisnya yang dibacakan oleh Wabup Erwan, peringatan Hari Pahlawan mengingatkan kembali kepada peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia.  “Peristiwa perang mengingatkan bahwa kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri”, ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut Menteri, semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang tersebut hendaknya perlu terus ditumbuhkembangkan di dalam hati sanubari segenap insan warga negara Indonesia.  “Dengan Peringatan Hari Pahlawan, diharapkan kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan. selain itu, peringatan hari pahlawan kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini, sebagaimana tema peringatan hari pahlawan tahun 2019 ‘Aku Pahlawan Masa Kini’,” katanya.

Menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapapun WNI, dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan hoaks, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya. [mth]

(penerbit: sumedangkab.go.id)