Penulis : Agun Gunawan| Editor: Vera Suciati

DPKP - Empat Kelompok Tani (Poktan) tembakau mendapat bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan), dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Sumedang. Pejabat Fungsional Alat Mesin Pertanian pada Bidang Sarana Prasarana Pertanian, Diki Sudarma, mengatakan bantuan tersebut diberikan untuk mendorong peningkatan produktivitas pertanian tembakau di wilayah Kabupaten Sumedang.

"Jadi sebagai bentuk dukungan kami dalam mendorong produktivitas pertanian tembakau di Sumedang. DPKP baru saja menyalurkan bantuan mesin Traktor kepada 4 kelompok tani," kata Diki, Jumat 9 Agustus 2024.

Adapun empat kelompok tani tembakau yang telah menerima bantuan mesin traktor diantaranya Poktan Mekar Harapan Desa Genteng Kecamatan Sukasari, Poktan Wargi Mandiri Desa Cibuluh Kecamatan Ujungjaya, Poktan Harapan Mandiri Mukti Conggeang, dan Poktan Kahayu Mukti Desa Sukamanah Kecamatan Jatinunggal. Kelompok Tani tersebut tergabung dalam Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Kabupaten Sumedang.

"Anggaran bantuan sapras mesin traktor ini bersumber dari DBHCHT. Sehingga sasaran penerimanya diprioritaskan bagi para petani tembakau. Jenis bantuannya disesuaikan dengan kebutuhan para petani tembakau itu sendiri," imbuhnya. 

Diharapkan, lanjut Diki, bantuan ini dapat mendukung peningkatan produktivitas usaha masyarakat pada sektor pertanian tembakau.

"Mudah-mudahan usaha pertanian tembakau di Sumedang bisa terus meningkat, perekonomian para petani juga ikut meningkat. Sehingga, target pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat Sumedang, nantinya bisa terwujud," tuturnya.(*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)