JATIGEDE -  Untuk memberikan kontribusi positif di bidang pendidikan di wilayah Jatigede, Yayasan Limeba Sumedang mendirikan sekolah kejuruan SMK Limeba di Jatigede.

Ketua Yayasan Limeba, Yuyu Wahyudin menyebutkan pendirian sekolah tersebut didasari banyaknya potensi di wilayah Jatigede yang bisa dimanfaatkan oleh SDM warga Jatigede dan sekitarnya. “Setelah berdiskusi dengan rekan-rekan di yayasan. Muncul gagasan untuk mendirikan sekolah yang berorientasi menghasikan SDM siap kerja di bidang teknik dan teknologi informasi,” katanya, Jumat (3/4/2020).

Menuruntnya,  di wilayah Jatigede ada bendungan yang kemungkinan besar bisa menjadi lahan penyerapan tenaga kerja di bidang kejuruan. "Kebetulan Yayasan Limeba juga adalah orang-orang lulusan sekolah kejuruan, STM Negeri Sumedang. Sehingga termotivasi bisa mengimplementasikan ilmu yang kami dapat melalui sekolah yang kami didirikan," ujar Yuyu.

Yuyu mengakui, SMK Limeba baru didirikan pada tahun ini. Rencananya pada awal ajaran baru tahun ini baru bisa menerima siswa baru. Target sasaran siswa,  berasal dari wilayah Jatigede, Jatinunggal dan Tomo.  "Bukan tidak mungkin ada siswa dari wilayah Cisitu, Darmaraja dan Wado," ujarnya.

Saat ini, untuk bangunan sekolah telah berdiri di dekat Puskesmas Jatigede dengan jumlah 6 lokal kelas. Lahan yang dimiliki yayasan saat ini berkisar 8300 meter persegi.  Yayasan juga berencana membangun sejumlah lokal bangunan untuk sarana dan prasarana pendukung.

Untuk tenaga pengajar, telah siap sejumlah tenaga pendidikan dari berbagai disiplin ilmu. "Kami telah siap menerima siswa baru, kami memiliki tenaga pendidik yang kompeten. Karena yayasan ini juga didirikan oleh para praktisi berbagai disiplin ilmu teknik," kata Yuyu.

Pada awal pelajaran tahun ini, SMK Limeba membuka jurusan  Teknik Listrik Pembangkit, Teknik Fabrikasi Logam dan Manufaktur. Kemudian jurusan Bisnis Kontruksi dan Properti serta Parawisata/Usaha Perjalanan Wisata. "Program atau paket keahlian ini kami proyeksikan dengan potensi Bendungan Jatigede dengan adanya Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dan kepariwisataan wilayah Jatigede," ujar Yuyu. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)