SUMEDANGKAB.GO.ID,KOTA- Penataan Alun-alun Sumedang kembali dilanjutkan dengan pagu anggaran Rp 2,5 miliar, anggarannya dari bantuan Pemprov. Ditarget pembangunan ini bisa rampung pada 15 Desember 2020.

"Penataan Alun-alun Sumedang tahap dua sudah dilanjutkan dengan pagu anggaran Rp 2,5 miliar dari Pemprov Jabar," ujar Kepala Bidang Tata Bangunan, Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Sumedang, Budi Santosa, Selasa (22/9)

Sebelumnya, kata Budi, pada tahap pertam anggaran penataan Alun-alun Sumedang juga dari sumber yang sama dengan dana mencapai Rp 16 miliar dari APBD Pemprov Jabar. Sehingga total biaya penataan tahap satu dan tahap dua biayanya mencapai Rp 18,5 miliar," kata Budi.

Kendati demikian, pihaknya belum bisa memastikan penataan Alun-alun Sumedang bisa benar-benar selesai semuanya meskipun harus menghabiskan anggaran sebesar Rp 18,5 miliar.

“Alun-alun kan satu kawasan dengan Gedung Negara, nah itu belum bisa dipastikan (anggarannya cukup). Mungkin nanti bisa ditambah anggaran terpisah," katanya seraya menambahkan nantinya akan ada Detail Engineering Design (DED) baru yang akan disiapkan karena alun-alun masuk satu kawasan dengan Gedung Negara.

"Kalau DED yang sekarang masih lanjutan dari penataan yang tahap pertama, biayanya hanya cukup sampai yang sekarang. Nah saat ini, ditambah lagi agar sampai Gedung Negara," kata Budi. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)