SUMEDANGKAB.GO.ID.,DINKES – Andin Saputri adalah bayi yang berusia 1 tahun yang diketahui tinggal di Lingkungan Palasari, RT 01, RW 14, Kelurahan Kota Kulon, Kecamatan Sumedang. Andin lahir dalam kondisi kepalanya sudah besar akibat sejak dalam kandungan, ibunya mengalami jatuh yang membuat kepala bayi retak. Namun, Andin lahir normal dengan berat badan 3 kg. Namun, saat ini berat badan Andin hanya 5 kilogram. Ukuran kepala Andin lebih besar dari ukuran kepala bayi normal, namun tubuhnya lebih kecil. Kondisi tersebut karena otak Andin dipenuhi cairan.

Hari ini, Andin dijenguk Dinas Kesehatan sekaligus menyampaikan bantuan dari Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir.

Andin merupakan anak ke tiga dari pasangan suami istri Dadan Kardian (50) dan Yuli Istiani (26). Menurut Yuli, Andin didiagnosa hidrosefalus sejak dalam kandungan.

"Saat saya mengandung Andin 5 bulan saya jatuh di sungai. Kemudian diperiksa ke dokter, kata dokter dari hasil USG kepala anak saya retak, kalau lahir nanti dipastikan hidrosefalus," kata Yuli.

Andin sudah pernah dioperasi enam bulan lalu dan kepalanya berhasil mengecil. Namun, berat badannya masih saja kecil alias tidak sesuai dengan penambahan usia.

Sekretaris Dinas Kesehatan Sumedang, Uyu Wahyudin menuturkan Andin pernah dioperasi di RSUD Sumedang untuk mengeluarkan cairan di kepalanya. Pascaoperasi tersebut, pihaknya terus melakukan pemantauan tumbuh kembang Andin.

"Sekarang kami lakukan dengan penanganan jangka pendek dan jangka panjang, termasuk diupayakan mendapat PBI (Penerima Bantuan Iuran) dari Pemda Kabupaten Sumedang," kata Uyu.

Menurut Uyu, meski administrasi kependudukan orang tua Andin sempat menghambat, namun pihaknya memastikan Andin mendapat pemantauan dan penanganan secara medis. Kata Uyu, Andin juga dipantau bidan untuk memastikan kebutuhan gizinya terpenuhi.

"Ibu bayi kan KTP nya Brebes, sedangkan ayahnya masih alamat Desa Cikeruh Kecamatan Jatinangor, tapi sudah Pemkab Sumedang sudah berikan jaminan kesehatan melalui Jamkesda (Jaminan Kesehatan Daerah)," ucapnya.*** (rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)